Saturday, September 14, 2019

Cari Ponsel Canggih dengan Harga Terjangkau? Oppo F9 Jawabannya!


Walau telah dirilis sejak tahun 2018 lalu, Oppo F9 masih dianggap mampu menarik hati para pengguna ponsel canggih di tahun ini. Seri F9 dari Oppo ini tersedia dalam dua pilihan ROM, masing-masing 6 GB dan 4 GB. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar dari 3 hingga 4 jutaan. Bagi yang tertarik membeli Oppo seri F9 ini, simak dulu beberapa fitur dan spesifikasinya berikut ini. 

1. 25 Megapiksel Selfie Camera 

Pantaslah jika sekiranya Oppo seri F9 dinobatkan sebagai ponsel terbaik untuk pecinta selfie. Bagaimana tidak, ponsel ini dilengkapi kamera depan dengan resolusi hingga 25 megapiksel dan sensor HDR. Hasil swafoto pun akan semakin terlihat sempurna, serta terlihat tajam. Hasil jepretan kamera depan Oppo seri F9 ini berukuran 1080 piksel, bak diambil dengan kamera profesional.

2. Dual Rear Camera

Tak hanya memanjakan penggunanya dengan kamera depan beresolusi tinggi saja, Oppo seri F9 pun dilengkapi dengan dual rear camera. Ini merupakan kali pertama bagi Oppo seri F, dilengkapi dengan dual rear camera. Masing-masing kamera berukuran 16 megapiksel dan 2 megapiksel. Fitur depth sensor yang disematkan pun akan membuat hasil jepretan ponsel ini semakin tajam.

3. Flash Charge 

Bukan lagi fast charging, Oppo F9 dilengkapi dengan fitur flash charging. VOOC Flash Charge yang disematkan pada ponsel ini, membuatnya terisi penuh 4 kali lebih cepat dibandingkan depan pengisian konvensional. Bayangkan saja, dengan pengisian daya selama 5 menit, ponsel ini bisa digunakan untuk menelpon selama 2 jam. Waktu untuk pengisian daya ponsel pun jadi lebih hemat. 

Kualitas VOOC Flash Charge ini pun tak main-main, karena memiliki 5 level sistem keamanan. Pertama, sensor MCU-nya akan menjaga pengisian daya tetap stabil. Kedua, aman untuk mengisi daya dalam arus yang besar. Ketiga dan keempat, pengisian daya yang besar dan menjamin tak kelebihan daya lewat kabel USB. Terakhir, pengisian daya otomatis dihentikan jika terjadi overload.
  

4. Baterai dengan Daya 3500 mAh

Kapasitas daya baterai Oppo seri F9 lumayan besar, mencapai hingga 3500 mAh. Dilengkapi dengan sistem Smart Battery, membuat penggunaan dayanya pun jauh lebih optimal, serta mencegah baterai cepat habis. Secara otomatis, sistem akan menutup aplikasi yang tak aktif, agar daya baterai bisa dihemat. Alhasil, Anda bisa menggunakannya lebih lama dibanding ponsel lainnya.

5. Opsi Warna yang Beragam 

Untuk menyasar lebih banyak konsumen, Oppo seri F9 dihadirkan dalam 4 warna pilihan. Anda bisa memilih warna Starry Purple, Jade Green, Sunrise Red ataupun Twilight Blue. Baik pria atau wanita, sama-sama cocok kok untuk memiliki Oppo seri F9 ini. Agar tak kehabisan warna Oppo seri F9 yang diinginkan, jangan berpikir terlalu lama untuk membelinya, ya. 

6. ColorOS 5.2 

Oppo seri F9 dilengkapi dengan fitur sistem operasi ColorOS 5.2, berbasiskan Android 8.1. Alhasil, performa ponsel tak akan menurun, walaupun Anda sering melakukan multitasking. ColorOS 5.2 akan mengatur setiap pesan yang masuk, saat Anda tengah asyik bermain game. Anda pun bisa mengenali berbagai objek lewat kamera, karena didukung oleh fitur Google Lens yang dimilikinya.

Tak perlu ragu jika ingin membeli Oppo F9, karena ponsel ini dilengkapi ragam fitur menarik dan spesifikasi canggih yang tak akan mengecewakan. Khususnya bagi pecinta selfie, ponsel ini sangat dianjurkan untuk Anda miliki, karena resolusi kamera depannya yang begitu tinggi. Untuk mendapatkan promo khusus saat beli ponsel ini, pastikan pembeliannya dilakukan di blibli.com. 

Friday, September 6, 2019

Anak Ikut Les Gambar, Ini Manfaat Menggambar Untuknya!


Mengikutkan anak pada les gambar bisa dijadikan pilihan untuk menyalurkan hobi anak. Anak bisa mengembangkan hobi mereka ke arah yang lebih baik. Namun, apakah Anda tahu, selain berguna untuk menyalurkan hobi anak, menggambar ternyata juga punya manfaat lain, lo! Apa saja, sih?

1. Melatih Kecerdasan Motorik

Salah satu manfaat menggambar bagi anak adalah bisa membantunya melatih kecerdasan motorik. Anak yang menggambar perlu melakukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan serta cara mereka dalam menggunakan alat tulis untuk menghasilkan goresan yang diinginkan. Hal inilah yang berguna untuk melatih motorik anak.

2. Meningkatkan Memori

Fungsi lain menggambar bagi anak adalah mereka bisa meningkatkan memori dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan memori seperti alzheimer sejak dini. Itu dikarenakan menggambar menuntut anak untuk berpikir dan berimajinasi serta mempertajam ingatan terus-menerus sehingga memorinya juga terasah.

3. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Les anak di bidang menggambar ini ternyata juga bermanfaat untuk membantunya mengembangkan kemampuan komunikasi. Sebab, menggambar ini bisa jadi media bagi anak dalam menyampaikan pesan, emosi dan hal yang tak bisa mereka sampaikan dengan bahasa verbal. Aktivitas ini membantu mereka berkomunikasi terlebih bila anak terlalu pemalu.

4. Mengatasi Gangguan Mental

Tak hanya itu saja manfaat dari mengikutkan anak pada les gambar. Manfaat lain yang bisa didapat adalah anak bisa terbebas dari gangguan mental dan trauma yang mereka alami meski secara bertahap. Anak-anak yang memiliki gangguan kesehatan mental seperti rasa cemas berlebihan bisa disembuhkan dengan terapi seni menggambar menurut banyak penelitian.

5. Melatih Kesabaran Anak

Tak hanya itu saja yang bisa didapat dari mengikutkan anak pada les menggambar. Dengan menggambar, anak juga melatih kesabaran mereka. Sebab, mereka akan terbiasa mewarnai sesuai aturan garis gambar yang telah dibuat dan memadukan warna untuk menghasilkan gambar yang bagus.

6. Meningkatkan Fokus

Masih banyak manfaat menggambar yang bisa dirasakan anak. Salah satunya adalah mereka bisa meningkatkan fokus. Saat menggambar, anak akan dituntut fokus agar bisa menyelesaikan gambar yang dibuat. Jika hal ini dilakukan secara rutin, mereka akan mudah menerima perintah dan instruksi serta menjalankannya dengan baik pula.

7. Mengurangi Emosi Negatif

Siapa sangka, menggambar juga bisa membantu anak dalam mengurangi emosi negatif mereka. Menggambar mampu membantu mengembangkan optimisme dan membuat mereka merasa lebih bahagia ketika melakukannya. Selain itu, tubuh juga akan lebih rileks sehingga anak bisa bebas dari energi negatif.

Itulah beragam manfaat yang bisa didapat anak dari menggambar. Jadi, jangan ragu membiarkan anak ikut les anak di bidang menggambar. Saat ini, Anda bisa menemukan lembaga les zaman now khusus gambar 3D dan peminatan lainnya seperti ESDA. Lembaga les ini bertujuan mengajarkan anak skill dan keahlian khusus yang bermanfaat untuk anak.

Tuesday, August 27, 2019

Tak Hanya Secara Kesehatan, Gigi Berlubang pada Anak Bisa Sebabkan Masalah Psikologis


Pertumbuhan yang dialami serta kesukaan terhadap berbagai makanan manis biasanya menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada anak. Salah satu masalah kesehatan yang paling kerap terjadi adalah masalah berupa gigi berlubang.

Gigi berlubang menjadi masalah yang paling sering dialami anak usia Sekolah Dasar. Pakar kesehatan gigi dan mulut Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengatakan makan manis, lengket, karbohidrat serta minuman berkarbonasi dapat menyebabkan gigi berlubang.

Drg. Ratu mengatakan apalagi ketika liburan, biasanya orangtua tidak membatasi makan dan minuman yang dikonsumsi si kecil. Alhasil gigi pun berlubang.

Minuman dan makan manis tersebut biasanya disukai bakteri, ketika ada yang manis di mulut akan menjadi asam. Inilah yang membuat gigi berlubang. Jika gigi berlubang, sisa makanan pun akan masuk ke gigi tersebut, alhasil bau mulut dan nafas tidak sedap pun terjadi. Gigi pun bisa berubah, ujar drg. Ratu.

Bukan hanya permasalahan kesehatan saja, gigi berlubang dan bau mulut juga dapat berdampak pada psikologis anak. Psikolog anak dan keluarga Rosdiana Setyaningrum M.Psi. MHPEd, mengatakan permasalah gigi dan mulut dapat menurunkan kepercayaan diri anak. Apalagi ketika pertama kali anak masuk sekolah.

Anak usia sekolah mulai sensitif terhadap pandangan orang terhadap mereka. Seiring bertambahnya usia, anak semakin menyadari posisinya sebagai makhluk sosial, paparnya.

Psikolog Rosdiana menambahkan, anak-anak usia sekolah mulai peka terhadap pandangan orang Iain terhadap dirinya, dan memiliki keinginan agar dapat diterima dengan baik di tengah lingkungan.

Oleh karena itu, libu perlu memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh agar anak dapat bersosialisasi dengan nyaman dan percaya diri. Tak hanya itu, anak juga dapat terhindar dari risiko yang mungkin timbul akibat kebiasaan-kebiasaan baru di sekolah, termasuk risiko kesehatan gigi dan mulut.

Saat menjalani hari-hari pertama sekolah, senyuman sehat memang menjadi modal yang sangat penting bagi anak, paparnya

Menurut Rosdiana, bahasa tubuh termasuk senyuman bisa mewakilkan 80% dari komunikasi. Saat anak merasa nyaman karena dapat bebas tersenyum, maka senyuman ini dapat menarik orang lain untuk mendekat dan bergaul dengannya, sehingga memudahkannya untuk beradaptasi dan bersosialisasi, paparnya.

Melihat tersebut, drg. Mirah mengatakan mencegah masalah gigi bisa dilakukan dengan memerhatikan asupan makanan serta menggosok gigi sesuai anjuran.

Monday, August 26, 2019

Tari Kabasaran Sambut Tamu Penting Manado Fiesta 2019


Ada yang menarik jelang pembukaan Manado Fiesta 2019 kemarin. Seluruh petinggi atau pejabat yang datang disambut riuh sekelompok Penari Kabasaran yang standby di gerbang atau jalanan masuk venue. Tak terkecuali pada Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziani.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan, Tari Kabasaran adalah tarian tradisional masyarakat Minahasa. Meski sekarang dipakai untuk menyambut tamu kebesaran, namun siapa sangka dahulu tarian ini justru sejenis tarian perang.

"Dalam kisahnya, para penari ini bekerja sebagai petani atau menjadi penjaga keamanan desa di Minahasa. Tetapi jika wilayah mereka terancam akan diserang musuh, para penari akan berubah menjadi waranei atau prajurit perang," jelasnya.

Menurut adat Minahasa, penari kabasaran harus berasal dari keturunan sesepuh penari kabasaran juga. Sehingga, tidak semua laki-laki Minahasa mempunyai kesempatan untuk menjadi penari kabasaran. Karena sifatnya yang turun temurun, setiap penari juga memiliki sebuah senjata yang juga diwariskan secara turun temurun. Senjata warisan inilah yang dipakai saat menari.

Penari Kabasaran memakai kostum dengan dominasi warna merah. semacam rumbai-rumbai dari kain tenun khas Minahasa. Di kepala tersemat semacam mahkota kepala burung rangkong, lengkap dengan bulu-bulunya. Aksesoris yang dikenakan antara lain kalung tengkorak monyet, sehingga menambah kesan sangar pada penampilannya.

"Dengan bersenjatakan pedang dan tombak, para penari terlihat seperti prajurit yang siap berperang menghancurkan musuh. Sesekali terlihat gerakan melompat, maju-mundur dengan semangat, dan juga mengayunkan senjata," imbuhnya.

Pada dasarnya, struktur dasar Tari Kabasaran terdiri dari sembilan jurus pedang (santi) atau sembilan jurus tombak (wengkouw). Dengan langkah kuda-kuda yang terdiri dari dua langkah ke kiri, dan dua langkah ke kanan.

Tarian ini diiringi oleh alat musik pukul seperti gong, tambur, atau kolintang yang disebut dengan Pa Wasalen. Sementara para penarinya disebut Kawasalan, yang memiliki arti menari dengan meniru gerakan dua ayam jantan yang sedang bertarung.

"Seiring perkembangan bahasa Melayu di Manado, kata Kawasalan akhirnya berubah menjadi Kabasaran. Namun tidak memiliki kaitan dengan kata besar dalam bahasa Indonesia. Meski selanjutnya tarian ini digunakan untuk menyambut para tamu kebesaran," bebernya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, Manado Fiesta 2019 memang dikemas secara lengkap dan total. Banyaknya kegiatan yang terangkum dalam event ini akan membuat gelaran acara menjadi lebih semarak.

"Semua ada di sini. Apa yang dicari pengunjung hampir seluruhnya terwakili. Sebab, nantinya juga akan ada Manado Fiesta Fair 2019 yang mengangkat Investment, Trade Tourism, Agriculture, and Fishing. Benar-benar pameran yang lengkap. Ada investasi, pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan, UMKM dan koperasi, dan lain-lain," jelasnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziani menyatakan, sebagai event yang baru memasuki tahun ketiga, Manado Fiesta 2019 sudah cukup baik. Namun begitu, tentunya penyelenggara tidak boleh berpuas diri hanya sampai di sini. Tetap harus ada evaluasi dan perbaikan-perbaikan, sehingga ke depan acaranya semakin istimewa.

"Menjadikan sebuah event agar memiliki gaung yang besar dan dikenal masyarakat luas, tentu tidak bisa dilakukan secara individu. Butuh peran media untuk mem-viralkan penyelenggaraan Manado Fiesta ini," ingatnya. 

Sunday, August 25, 2019

Perkuat Wisata Religi, Batam Angkat Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah


Atraksi Kota Batam semakin lengkap saja. Kali ini, giliran wisata religi yang diangkat. Menyusul diresmikannya Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Bangunannya megah dengan nilai dan filosofi besar. Arsitekturnya perpaduan Arab dan Melayu dengan kiblat desainnya Masjid Nabawi di Madinah.

Destinasi baru Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan diperkenalkanma, pukul 09.00 WIB. Lokasinya berada di Jl Brigjen Katamso Darmokusumo Nomor 1, Tg Ucang, Batu Aji, Batam.

Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata mengungkapkan, kehadiran Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah semakin menguatkan destinasi wisata religi Batam

"Batam kini memiliki Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masjid baru tersebut memiliki posisi penting. Selain syiar, masjid ini juga menjadi destinasi wisata religi baru di Batam. Kami optimistis, pergerakan wisatawan religi di Batam akan naik. Apalagi, Batam terhubung langsung ke Malaysia dan Singapura," ungkap Ardiwinata.

Agenda launching sudah disiapkan. Ada Tabligh Akbar. Pembicaranya kompeten, baik domestik maupun mancanegara. Untuk domestik ada nama besar Ustaz H Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qadir Assegaf. Pembicara mancanegara diisi Ustaz Kazim Elias dari Malaysia.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar menerangkan, wisata religi Batam terus berkembang.

"Konsep wisata religi di Kota Batam makin berkembang. Apalagi, sekarang ada Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masjid ini luar biasa dan menjadi salah satu ikon di Kota Batam. Semua harus hadir pada saat launching masjid tersebut. Acaranya bagus dengan Tabligh Akbar. Ada banyak inspirasi dari ulama yang menjadi pembicaranya," terang Buralimar.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah memiliki banyak keistimewaan. Dinding masjid ditutupi marmer asal Sulawesi. Masjid ini memiliki menara Asma'ul Husna setinggi 99 Meter. Menara Asma'ul Husna akan dilengkapi lift untuk mencapai atapnya. Selain itu, terdapat juga 5 menara pendukung yang memiliki ketinggian sekitar 77 Meter. Fasilitas untuk 5 menara tersebut adalah tangga.

Menguatkan nuansa Melayu, dinding masjid akan dilengkapi dengan ornamen Lebah Bergayuh. Nuansa menjadi semakin eksotis dengan landscape air mancur dan aplikasi lampu hias. Memiliki luas sekitar 4 Hektar, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah diperkirakan mampu menampung 25 Ribu jemaah. Dengan kapasitas tersebut, masjid ini disebut sebagai yang terbesar di kawasan Sumatera.

"Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sangat luar biasa. Ada banyak value positifnya. Syariat agama akan berkembang. Masyarakat juga mendapatkan manfaat ekonomi melalui aktivitas pariwisatanya. Dengan keunikannya, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi destinasi wisata religi potensial di Batam," jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Melengkapi kenyamanannya, ada banyak fasilitas yang ditawarkan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Pada bagian pelatarannya, dilengkapi dengan 8 payung membran. Konsep ini sangat identik dengan Masjid Nabawi. Kehadiran payung-payung membran tersebut membuat masjid semakin Instagramable. Area ini pun dipercaya sebagai salah satu spot terbaik untuk berfoto.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah memberi konsep terbaik saat berwudu. Jarak antar jemaah saat berwudu ideal 1,2 Meter. Dengan rentang ini, percikan air yang dipakai berwudu tidak mengenai jemaah lain. Pasokan airnya dijamin lancar. Sebab, ada 2 tandon air dengan kapasitas total 270 Meter Kubik.

"Kami tentu menyambut baik aktivasi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Secara konsep, bangunan ini memiliki nilai yang luar biasa. Selain kapasitasnya yang besar, ada banyak sisi dari masjid yang menarik untuk dieksplorasi," papar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Dibangun megah, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah diprediksi menghabiskan anggaran Rp 400 Miliar. Untuk konstruksi fisiknya diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 260 Miliar. Hingga akhir 2019 nanti, pembangunan masjid secara keseluruhan akan selesai 78 persen. Artinya, fisik utama masjid bisa digunakan. Adapun sisa pengerjaan 22 persen diperuntukkan untuk finishing fasilitas pendukungnya hingga 2020.

"Yang utama, masjid dengan segala kemegahan dan filosofinya sudah bisa digunakan. Kehadiran Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan semakin memakmurkan pariwisata Batam. Arus wisatawan ke sana pasti tinggi. Kehadiran wisatawan akan menggerakkan UMKM di sana. Untuk itu, agenda launching dari masjid jangan sampai terlewatkan," tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN.