Wednesday, March 4, 2020

7 Desain Apartemen Studio Untuk Memaksimalkan Fungsi Ruang

Source: Ferenc Keresi

Kapasitas ruang yang terbatas tidak seharusnya menjadi halangan untuk tetap mendapat kenyamanan tinggal di apartemen, seperti tipe unit studio misalnya. Dengan luas yang seadanya, penghuni tetap bisa dimanjakan dengan desain apartemen studio yang ditata secara fungsional dan estetik.

Buat kamu yang butuh inspirasi desain apartemen studio, Jendela360 akan membantumu mengeksplorasi setiap sudut ruang dengan 7 desain pilihan terbaik. Yuk kita simak ulasannya!


1. Desain Fleksibel dan Dinamis Dengan Tirai Kaca 

Source: Tatyana Bobyleva

Tata ruang yang elegan ini cocok untuk mendukung fleksibilitas dan dinamisme ruangan. Kombinasi warna dengan level kontras yang tepat membuat ruang unit terlihat atraktif dan tidak membosankan. Desain ini tidak mesti ditiru mentah-mentah. Jika tata letak atau aksen warna kurang sesuai dengan selera, kamu bisa sedikit memodifikasinya. Yang terpenting, gunakan tirai kaca sebagai pemisah agar tampilannya tetap elegan.


2. Konsep Staircase Untuk Ruang Fungsional

Source: Concrete Architectural Associates

Konsep staircase bisa digunakan untuk menyamarkan ruang tidur agar sisa ruangan bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan lain. Desain ini cocok untuk kamu yang bekerja dari rumah. Dengan menambahkan elemen kayu sebagai desain tampilan, suasana apartemen akan terasa lebih santai.


3. Unit Khusus Untuk Menambah Kapasitas Penyimpanan

Source: Batiik Studio

Penambahan unit khusus pada desain apartemen studio sudah cukup populer dijumpai. Konsep ini bisa memberikan banyak keuntungan baik dari sisi estetika ataupun fungsi ruangan. Kalau kamu butuh kapasitas penyimpanan ekstra tanpa harus mengorbankan ruang yang ada, cobalah desain ini. Satu unit khusus yang memuat tempat tidur, laci, hingga lemari pakaian. Gunakan perpaduan warna yang senada dengan seisi ruangan.


4. Desain Mewah Namun Tetap Dinamis Dengan Nuansa Gelap

Source: Tatiana Shishkina

Warna gelap tidak selamanya membuat ruang sempit menjadi terasa semakin sempit. Dengan komposisi perpaduan yang tepat antara solid grey dan hitam, ditambah aksen-aksen metal dan gaya tata letak vertikal, apartemen studio akan tampak mewah dan dinamis. Tambahkan sedikit ornamen logam yang bersinar untuk menciptakan visual yang lebih dramatis.


5. Suspended Bedroom Untuk Menyisakan Ruang Lebih

Source: home-designing.com

Memisahkan tempat tidur dengan konsep seperti ini sangat berguna untuk menyisakan lebih banyak ruang. Kamu bisa menggunakan ruang yang tersisa untuk dapur dan dining area, tempat kerja, atau tempat bersantai. Terapkan dekorasi bernuansa urban-art untuk menciptakan suasana yang lebih unik.


6. Desain Minimalis Dengan Skema Warna Putih dan Koridor Kayu

Source: 3XA Studio

Cobalah desain apartemen studio dengan skema warna putih dan koridor kayu sebagai penghubung pintu masuk menuju ruang tengah dan tempat tidur. Basis warna yang sederhana: aksen putih, kayu terang dan gelap, dalam detail trendi seperti kursi logam, lantai ubin, atau lampu gantung memberikan komposisi ruang yang lebih luas dan elegan.


7. Kubus Bergerak Untuk Ruangan Multifungsi

Source: Emamanuel Combarel Dominique

Desain kontemporer memang selalu cocok untuk apartemen studio, terutama dengan tambahan bed box warna-warni ini. Solusi untuk menciptakan ruangan multifungsi dengan tempat tidur yang bisa dengan mudah dipindahkan. Tinggal sesuaikan pilihan warna dengan skema ruangan agar lebih sempurna. Kehadiran kubus bergerak ini bisa memudahkanmu ketika ingin menata dekorasi baru.

Bagaimana? Sudah menemukan desain apartemen studio yang sesuai dengan selera dan kebutuhan? Ikuti terus perkembangan informasi terbaru di Jendela360 untuk mendapatkan tips menarik seputar kehidupan di apartemen!

0 comments:

Post a Comment