Sunday, February 9, 2020

6 Dampak Buruk Akibat Tidak Rajin Membersihkan Rumah


Rumah yang bersih, rapi, dan terawat, tidak sekadar enak dipandang, tetapi juga nyaman dihuni. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa merawat dan membersihkan rumah menjadi penting. Sayangnya, terkadang rasa malas atau aktivitas yang super padat membuat Anda tidak sempat membersihkan rumah. Ada sebagian orang yang memilih untuk memakai jasa daily cleaning, namun ada pula yang membiarkannya kotor dan tidak rapi.


Akibat Tidak Membersihkan Rumah

Tidak rajin dalam membersihkan rumah akan menimbulkan beberapa masalah. Lebih lengkapnya akan diuraikan di bawah ini.


1. Tempat Penyimpanan Berkurang

Menunda atau malas membersihkan rumah akan mengakibatkan ruang penyimpanan Anda menjadi penuh karena telah terbiasa menaruh berbagai benda maupun barang pada tempat tersebut tetapi tidak merapikannya kembali. Akibatnya, ruangan akan berantakan dan penuh.


2. Ruang Gerak Terbatas

Saat rumah berantakan karena tidak dirapikan, Anda menjadi tidak bebas dalam beraktivitas. Barang-barang yang berserakan akan menghambat pergerakan Anda dalam beraktivitas. Tidak hanya Anda, bahkan keluarga pun akan ikut terganggu.


3. Menghabiskan Waktu

Rumah yang tidak rajin dibersihkan akan begitu berantakan, sehingga dapat menghabiskan waktu Anda dan keluarga. Mengapa? Karena saat membersihkannya, waktu yang dipakai akan lebih lama, sehingga aktivitas lain dapat tertunda. Pada saat-saat seperti ini, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa daily cleaning untuk membereskan rumah.


4. Muncul Sarang Debu

Perabotan rumah tangga yang tidak sering dibersihkan akan dihinggapi banyak debu sehingga menjadi kotor. Munculnya sarang debu ini pun tidak indah dipandang mata. Bahkan debu juga bisa menjadi sumber penyakit.


5. Memicu Penyakit

Akibat paling fatal dari rumah yang jarang dibersihkan adalah dapat memicu penyakit. Debu-debu yang menempel dan kotoran dapat memicu berbagai virus maupun kuman menyebar ke seluruh rumah. Hal tersebut dapat membuat Anda maupun keluarga terjangkit berbagai penyakit.


6. Memicu Alergi

Debu yang merupakan partikel sisa dari berbagai macam zat, seperti sel kulit mati, daun kering, bangkai, tanah, sisa makanan, serangga, serat, dan sampah lainnya dapat memicu Anda terkena alergi. Terutama jika Anda mengidap asma, pastikan jika rumah Anda senantiasa bersih.


7. Memicu Stres

Stres pada seseorang salah satunya dipicu oleh keadaan rumah yang kotor dan berantakan. Saat Anda letih dengan berbagai aktivitas maupun pekerjaan, sementara saat pulang disuguhi pemandangan yang kotor dan berantakan, beban pikiran pun akan bertambah.

Itulah tujuh akibat jika Anda tidak rajin membersihkan rumah. Menjaga kebersihan rumah agar senantiasa terawat, bersih, dan rapi sangat penting, bukan sekadar enak dipandang mata, namun juga membuat nyaman. Lagi pula kini sudah ada jasa daily cleaning yang bisa membantu Anda membersihkan rumah. Adalah lumrah jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat membersihkan rumah, namun jangan lantas mengabaikannya dengan tidak mencari jasa bersih-bersih.

0 comments:

Post a Comment