Thursday, October 31, 2019

Inilah 5 Kondisi Kesehatan di Pelabuhan Jakarta yang Perlu Diketahui


Indonesia adalah negara yang berada diantara 2 samudera dan 2 benua. Negara yang mendapat julukan Zambrud Khatulistiwa ini terkenal luas wilayah perairan lebih besar jika dibandingkan dengan daratan. Memiliki kurang lebih 1700 pulau yang semaunya berada dikawasan terjaga. Sejarah bahkan mencatat bahwa Indonesia berkuasa dari Sabang sampai Merauke. Tidak mengherankan jika kemudian Indonesia mempunyai pelabuhan dalam jumlah banyak. Pelabuhan Jakarta menjadi salah satu dermaga yang sering dikunjungi. Sebab, letak strategis membuatnya mudah dijangkau oleh setiap kapal. Baik untuk melakukan transaksi maupun sekedar numpang istirahat.

Seperti yang sudah diketahui bahwasannya Indonesia menjadi negara yang memiliki nenek moyang tangguh. Dalam beberapa sumber dikatakan bahwa para pendahulu negeri ini mempunyai kekuatan penuh dalam berlayar. Bukan hal yang aneh jika kemudian mereka berhasil melampaui negara-negara sebrang. Bahkan dalam catatan sejarah yang diajarkan sejak SD menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara yang sering disinggahi oleh para pedangan. Dari sinilah sebuah pernikahan silang antara negara sebrang berjalan. Sehingga membuat Indonesia memiliki keturunan Arab, Cina, dan lainnya. Sehingga berdampak pada semakin beragamnya negara tersebut.

Ketika konteks pembicaraan ditarik pada kesehatan. Pelabuhan perlu mendapat perhatian penuh dimana tidak semua masyarakat yang berada di sekitarnya mendapat perawatan medis yang sesuai. Sedangkan pada titik bersamaan sehat bukan hanya milik orang-orang kota. Melainkan hak semua individu. Kabar yang menggembirakan dari semua hal ini ialah sikap pemerintahan yang peka terhadap keluhan masyarakat. Bahkan beberapa spesialis sengaja didatangkan untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat sekitar dermaga. Para dokter profesional mendapat tugas langsung untuk menunaikan niat baiknya.

Poin yang juga tidak boleh tertinggal dari pembahasan ialah jarak pelabuhan terhadap rumah sakit. Sikap acuh yang diperlihatkan masyarakat terhadap kondisi tubuh termasuk kabar yang kurang mengenakkan. Jadi, ada baiknya semua pihak berkontribusi dalam menanggulanginya. Misalnya saja dengan menyediakan pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau. Peralatan medis lengkap sehingga mempermudah pengobatan, sekaligus mobilitas cepat guna menunjang pergerakan publik. Hal mendasar dari kesehatan masyarakat ialah terciptanya perpaduan menarik dari pemerintah dalam menyediakan fasilitas serta edukasi kesehatan kepada rakyatnya.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semua bisa diusahakan. Seperti yang sudah diketahui bahwasannya pembahasan mengenai kesehatan membuat setiap individu pada pola hidup benar. Pemerintah sendiri kembali menggencarkan masyarakat untuk back to nature. Boleh saja Anda mengonsumsi makanan cepat saji. Namun, harus dalam porsi yang tidak berlebihan. Imbangi juga dengan aktivitas fisik. Berikut ini mengenai keadaan kesehatan di pelabuhan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan:

  1. Melaksanakan pelayanan kesehatan secara optimal sesuai dengan UU KKP.
  2. Pengamatan penyakit yang terjadi pada kawasan pelabuhan, sekaligus bandara.
  3. Fasilitas kesehatan selalu diusahakan memadai. Hal ini dilakukan dalam memberikan pelayanan secara maksimal. Ditunjang dengan mengirimkan tenaga profesional menuju lokasi.
  4. Melaksanakan jaringan informasi kesehatan guna mendapatkan data akurat mengenai penanganan medis seoptimal mungkin. Poin di atas masih ditunjang dengan hal pendukung lainnya.

Sebagai Negara Maritim Indonesia memiliki puluhan pelabuhan besar yang selalu diperhatikan. Pasalnya, sampai detik ini dermaga-dermaga tersebut menyimpan sejarah panjang. Selain itu berkontribusi dalam menjaga perekonomian sekaligus transportasi publik. Jadi, sudah selayaknya ketika kesehatan warga sekitar diperhatikan dengan benar. Pelabuhan Jakarta termasuk bagian yang menjadi sorotan terbesar.

0 comments:

Post a Comment